Wewenang Komite Audit

Komite Audit dibentuk oleh Dewan Komisaris Perseroan dan guna mencapai hasil kerja Komite Audit secara efisien dan efektif, Perseroan telah menyusun dan mengesahkan pedoman kerja dalam bentuk Piagam Komite Audit (Audit Commitee Charter).

Komposisi dan Profil Komite Audit

Komite Audit diketuai oleh Komisaris Independen dan terdiri dari pihak-pihak independen sebagai berikut:

Jabatan Nama
Ketua Muhammad Alfan Baharudin
Anggota John Aristianto Prasetio
Anggota Mohamed Idwan Ganie
Anggota Beti Puspitasari Santoso

Pada RUPSLB tanggal 20 Desember 2018, Bapak Sutanto dinyatakan mengundurkan diri sebagai Komisaris Independen Perseroan yang digantikan oleh Bapak Muhamad Alfan Baharudin. Sehingga untuk Ketua Komite Audit sedang dalam proses pengajuan internal untuk persetujuan penggantian.

MUHAMMAD ALFAN BAHARUDIN
Profil Muhammad Alfan Baharudin selaku Ketua Komite Audit sekaligus Komisaris Independen Perseroan dapat dilihat pada bagian Profil Dewan Komisaris.

MOHAMED IDWAN GANIE
Warga Negara Indonesia lahir pada tahun 1955. Beliau menjabat sebagai Komisaris Independen PT Global Mediacom Tbk sejak tanggal 19 Juni 2006, yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tanggal 19 Juni 2006 dan dinyatakan dalam Akta Pernyataan Rapat No. 73 tanggal 19 Juni 2006. Beliau memiliki izin advokat/pengacara dan konsultan hukum. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Managing Partner di firma hukum Lubis, Ganie dan Surowidjojo (LGS). Selengkapnya.

JOHN ARISTIANTO PRASETIO
Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1950. John Aristianto Prasetio menjabat sebagai Komisaris Independen PT Global Mediacom Tbk, sejak tanggal 20 Mei 2015, yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan dinyatakan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat No. 49 tanggal 20 Mei 2015. Saat ini, beliau juga menduduki posisi sebagai Presiden Komisaris Bursa Efek Indonesia, Special Advisor General Atlantic, Komisaris Independen PT Sarana Menara Nusantara Tbk, dan Senior Advisor Crowe Horwath Indonesia.selengkapnya

BETI PUSPITASARI SANTOSO
Lahir di Cirebon, Indonesia, pada tahun 1959, beliau meraih gelar sarjana di bidang Ekonomi dari Universitas Parahyangan Bandung pada tahun 1985.selengkapnya.

Wewenang Komite Audit (Audit Committee Charter) PT Media Nusantara Citra Tbk


Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor: 55/POJK.04/2015 tentang "Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit", yang merupakan penyempurnaan dari peraturan Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) Nomor: IX.1.5 dan Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: Kep-643/BL/2012, mewajibkan Emiten untuk memiliki pedoman pelaksanaan kerja Komite Audit (Audit Committee Charter).
 
Piagam Komite Audit merupakan dokumen formal sebagai bentuk wujud komitmen dari Komisaris dan Direksi dalam upaya menciptakan kondisi pengawasan yang baik dan menerapkan asas-asas Good Corporate Governance (GCG) dalam PT MEdia Nusantara Citra Tbk ("Perseroan").
 
Piagam Komite Audit ini disusun sebagai pedoman bagi Komite Audit untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif, efisien, transparan, independen dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga dapat diterima oleh seluruh pihak yang berkepentingan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Piagam Komite Audit wajib dimuat dalam Situs Web Perseroan. detail