Dewan Komisaris

Hary Tanoesoedibjo - Komisaris Utama


Hary Tanoesoedibjo

Lahir di Surabaya tahun 1965. Hary Tanoesoedibjo menjabat sebagai Komisaris Utama PT Media Nusantara Citra Tbk sejak tanggal 30 September 2016, berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, yang ditetapkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat No. 70 tanggal 30 September 2016.

Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Global Mediacom Tbk (sejak 2002), Komisaris Utama PT MNC Sky Vision Tbk (sejak 2006) dan Direktur Utama PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (2003-2008 dan 2010-sekarang).

Beliau adalah pendiri, pemegang saham pengendali dan ketua MNC Group yang berfokus pada kegiatan bisnis sebagai berikut: investasi keuangan, media, jasa keuangan dan pengembangan properti.

Di MEDIA, grup ini memiliki dan mengendalikan aset media terbesar di Asia Tenggara, yang terdiri dari empat stasiun televisi Free-to-Air nasional (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews), DTH TV Berlangganan (MNC Vision) terbesar, jaringan broadband tetap dan IPTV (MNC Play) dan layanan OTT (MNC Now). Media lainnya termasuk portal umum dan berita (Okezone, Sindonews.com, iNews.id), Koran Sindo, jaringan radio nasional dan beberapa aplikasi digital.

Dalam JASA KEUANGAN, grup ini memiliki MNC Bank, MNC Life & Insurance, MNC Finance & Leasing, MNC Securities & Asset Management.

Dalam PENGEMBANGAN PROPERTI, grup ini memiliki proyek hiburan & gaya hidup paling bergengsi di MNC Lido City dengan proyek dan themepark Trump yang ikonik. Proyek properti lainnya termasuk MNC Smart City, MNC Trump Bali, Westin Hotel Bali, Park Hyatt Jakarta, Oakwood Surabaya serta beberapa gedung perkantoran di Jakarta dan Surabaya. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Commerce (Honours) dari Carleton University, Ottawa, Kanada pada tahun 1988 dan MBA dari Universitas Ottawa pada tahun 1989 dan secara berkala menjadi pembicara di berbagai acara media nasional dan internasional, serta sebagai dosen yang memberikan kuliah umum dalam bidang kewirausahaan dan ekonomi di lebih dari 180 universitas. Beliau aktif dalam bidang olahraga dimana beliau menjabat sebagai bendahara umum KONI pada tahun 2003-2006 dan saat ini menjadi ketua Federasi Futsal Indonesia dan Tarung Derajat.

Ada hubungan langsung antara Hary Tanoesoedibjo dan Angela Herliani Tanoesoedibjo sebagai anggota keluarga.

 

Adam Chesnoff - Komisaris


Adam Chesnoff

Warga negara Amerika, lahir pada tahun 1965. Adam Chesnoff menjabat sebagai Komisaris Perseroan sejak Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada tanggal 12 Desember 2011, dan dinyatakan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat No. 49 tanggal 12 Desember di tahun yang sama. Sebagai Presiden dan Chief Operating Officer Saban Capital Group, Inc., beliau bertanggung jawab dalam pengawasan kegiatan investasi dan bisnis Perseroan, termasuk dana ekuitas swasta dan investasi pasar umum.

Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi Celestial Tiger Entertainment.

Selain itu, beliau turut serta dalam membentuk dan mengarahkan grup investasi yang mengakuisisi saham mayoritas di ProSiebenSat.1 Media AG, perusahaan televisi terbesar di Jerman. Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Direksi ProSiebenSat.1 (2003-2007).

Sebelumnya, beliau berkarier di Fox Family Worldwide (FFWW) selama 5 tahun, dimana beliau bertugas untuk mengawasi pengembangan bisnis di semua divisi global, termasuk saluran televisi, pemrograman, produksi, distribusi internasional dan merchandising.

Dari tahun 1994 hingga 1995, beliau bekerja dalam bidang Business Affairs and Corporate Development di Sony Pictures Entertainment dan Columbia Pictures, dimana beliau berfokus pada perencanaan strategis, analisis keuangan, serta kesepakatan penataan dan pengembangan bisnis baru di divisi Motion Picture dan Television.

Beliau lulusan dari UCLA Anderson School of Business (MBA, 1994).

 

Sutanto - Komisaris Independen


Sutanto

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1950. Sutanto menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan sejak 12 Desember 2011. Keputusan pengangkatan tersebut tercatat pada Akta Pernyataan Keputusan Rapat No.49 tanggal 12 Desember 2011.

Menyelesaikan pendidikan di AKABRI Kepolisian (1973), pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) (1983), Sekolah Staff dan Pimpinan Polisi (Sespimpol) Bandung (1990), dan Lemhanas (2000). Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara (2000), Kapolda Jawa Timur (2000-2002), Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Kepolisian Negara RI (2002-2005), Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (2005), Kepala Kepolisian Negara RI (2005-2008), Komisaris Utama PT Angkasa Pura II (Persero) (2008-2009), Komisaris Utama PT Pertamina (2009-2010), dan Kepala Badan Intelijen Negara RI (2010-2011).

Saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Ancora Indonesia Resources Tbk (sejak 2012), Komisaris Utama PT Nusadua Graha Internasional (sejak 2012) dan Komisaris Independen PT Gajah Tunggal Tbk (sejak 2013).