NEWS HIGHLIGHT

Monday, 24 September 2018 17:44 wib
Koran Sindo dan Sindonews Gelar Olimpiade Robotika 2018

JAKARTA – Koran Sindo dan Sindonews kembali menggelar Olimpiade Robotika Sindo (ORS) 2018. ORS diselenggarakan untuk menunjukkan kemampuan anak bangsa dalam menciptakan produk sains seperti Robotika.

Tahun ini ORS 2018 digelar pada 15 Agustus-23 September 2018 dan diikuti 800 siswa sekolah dasar di wilayah Jabodetabek. Peserta ORS merupakan siswa SD dan sederajat dari kelas 4 hingga kelas 6. Keseluruhan peserta terbagi dalam 250 tim. Di tiap-tiap tim terdiri atas tiga siswa dan seorang guru pendamping.

Adapun yang keluar sebagai juara adalah SDS Plus HangTuah sebagai juara I, SDN Pondok Rangon 01 menjadi juara II, dan SDN Gedong 03 Pagi sebagai juara III. Para pemenang diberikan hadiah sebesar Rp10 juta untuk juara I, Rp7 juta untuk juara II, dan Rp5 juta untuk juara III.

Pemimpin Redaksi Koran Sindo dan Sindonews Pung Purwanto mengatakan, ORS 2018 adalah kegiatan tahunan sebagai sarana menunjukkan kemampuan anak bangsa untuk menciptakan produk dalam dunia sains, khususnya robotika.

”Lewat ajang ini, siswa siswa tidak hanya berkutat pada teori penciptaan, tapi bisa mewujudkan karya dalam bentuk yang nyata,” ucap Pung dalam acara puncak ORS 2018 di Kuningan City Mall, Jakarta, kemarin.

Dia menuturkan, dengan acara seperti ini, Koran Sindo, Sindonews.com, bersama Robotic Explorer ingin menggali potensi anak bangsa dengan menyosialisasikan teknologi robot yang aplikatif.

“Kami berharap ajang ini mampu mengasah siswa untuk berkompetisi secara positif serta merangsang kreativitas anak, ORS 2018 juga menjadi salah satu eventyang mendukung program pemerintah guna meningkatkan kreativitas anak sejak dini,” paparnya.

ORS digelar tiap tahun. Pada 2018 ini memasuki penyelenggaraaan ketiga. Setiap kali digelar, animo siswa terhadap acara ini sungguh luar biasa besar. Pada ORS 2018, Koran Sindo dan Sindonews bekerja sama dengan Robotic Explorer dan didukung penuh Generali.

Salah satu peserta dari SD Al Mukhlis Kebon Jeruk, Rizky Ramadhan mengungkapkan rasa bahagianya mengikuti kegiatan ini. “Senang. Ada robot-robotan. Bisa mainin robot. Banyak temen main,” ujar Rizky.

Di acara ini, hadir juga beberapa kegiatan lainnya seperti penampilan tari dari 15 siswa Sekolah Dasar Asisi, games mewarnai dari Kinder Factory, hingga talkshow robotik, dan parenting bersama psikolog Intan Erlita dengan tema “Sosmed dan Pengaruhnya bagi Kepribadian Anak di Era Globalisasi”.

Sementara itu, ada 20 yang dipamerkan dalam ORS tahun ini di antaranya robot sumo, robot binatang anjing, simulator mobil balap, hingga robot beauty waiter. Robot beauty waiter adalah robot yang berfungsi untuk melayani pengunjung restoran mengantar makanan.

Beauty waiter sendiri sudah digunakan di China, Jepang, dan Korea. Robot tersebut dapat mengangkat beban hingga 40 kg.

 

Sumber: www.mncupdate.com