• Potensi Menjanjikan, RCTI+ Bisa Jadi Pilar Pendapatan MNCN di Masa Depan

    12 August 2020
    SHARE THIS PAGE :

    JAKARTA, Direktur PT Global Mediacom Tbk (BMTR), David Fernando Audy mengungkapkan, layanan Over-The-Top (OTT) media service milik anak usaha perseroan, RCTI+ memiliki potensi menjanjikan. Dia menyebut, RCTI+ ke depan akan menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan pendapatan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

    "Itu sesuatu yang tidak mustahil kalau misalnya dalam beberapa tahun ke depan RCTI+ bisa 10 sampai 20 persen (menyumbang) pendapatan (MNCN)," ujar David dalam Public Expose BMTR di iNews Tower, Selasa (11/8/2020).

    Dia menjelaskan, sebesar-besarnya pangsa pasar iklan digital, sampai saat ini televisi masih menguasai di kisaran 60 sampai 65 persen market di Indonesia.

    "Memang beda sama luar negeri, kalau luar negeri, di Singapura dan Malaysia, pendapatan TV sudah lebih kecil, tapi ini beda marketnya. Karena itu, lebih ke pay TV market dan penduduknya di sana kaya-kaya semua, GDP-nya berapa puluh ribu dolar setahun. Di sana orang bisa bayar sebelum ada internet pun, orang sana sudah langganan pay television," kata David.

    Dia menyebut, industri televisi di negara tetangga kondisinya kurang baik, ditambah kontennya tidak sebaik di Indonesia. Selain itu, jika dibandingkan dengan Amerika Serikat (AS) kualitas OTT media service di Indonesia masih cukup jauh.

    "Itu sebabnya di Indonesia TV masih kuat dan lima tahun ke depan TV masih bisa unggul, masih bisa membesarkan nominal pendapatannya walaupun tumbuhnya tidak seperti 20 tahun lalu, dan EBITDA (pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi) masih bagus, net profit masih bagus," ujar David.

    Source : iNews

NEWS FEED