• Indonesia CSR Award (ICA) dan Indonesia SDGs Award (ISDA) 2023 Digelar, MNC Group Turut Raih 5 Penghargaan

    07 June 2024

    Corporate Forum for CSR Development (CFCD) menyelenggarakan kembali Anugerah Indonesia CSR Award (ICA) dan Indonesia SDGs Award (ISDA) 2023 pada 4 Desember 2023 di Hotel Westin, Jakarta Selatan. CFCD ingin memiliki kontribusi positif melalui kegiatan tersebut yang sejalan dengan perkembangan dunia di atas isu-isu keberlanjutan, menyebarkan pengetahuan, pemahaman, paradigma, konsep dan Praktek Bisnis dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).


    Anugerah ICA dan ISDA diikuti beberapa Perusahaan BUMN, Swasta dan lembaga penggiat CSR di Indonesia serta perseorangan. Pada tahun ini peserta ICA untuk korporat/Institusi terdiri dari 32 Perusahaan dan peserta perorangan terdiri dari 9 orang. Sedangkan untuk peserta ISDA terdiri dari 101 Perusahaan dan perorangan terdiri dari 14 orang. Ada 72 Program ICA termasuk Perseorangan dan 172 Program ISDA termasuk Perseorangan.

    SNI ISO 26000:2013 digunakan sebagai Panduan Penilaian dalam penyelenggaraan Indonesia CSR Award (ICA). Panduan Tanggung Jawab Sosial menjadi acuan dan praktik yang ideal dalam menjalankan operasional organisasi (perusahaan/ lembaga/institusi) dan bahkan telah menjadi strategi yang harus dilakukan agar organisasi dapat berkembang secara berkelanjutan dan harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan. Standar internasional ini dimaksudkan untuk membantu organisasi dan perusahaan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan, melampaui kepatuhan hukum (beyond legal compliance), serta memenuhi hukum yang berlaku adalah bagian penting dari tanggung jawab sosial.

    Sustainable Development Goals (SDGs) adalah seruan dan aksi global untuk meminta stakeholders dunia segera bertindak mengakhiri kemiskinan sambil meningkatkan kesehatan dan pendidikan, mengurangi kesenjangan, dan mengatasi perubahan iklim. ISDA memberikan apresiasi kepada dunia usaha dan lembaga/organisasi non pemerintah yang dinilai berperan aktif dan berkontribusi terhadap pencapaian SDGs, melalui aktivitas-aktivitas dalam pencapaian SDG, oleh karenanya sama seperti CSR diperlukan juga sebuah apresiasi dalam bentuk penyelenggaraan Indonesia SDGs Award (ISDA).

    Ir. Thendri Supriatno, MBA, selaku Ketua Umum CFCD , selaku Ketua Umum CFCD menyampaikan Program CSR dan Program SDGs perusahaan merupakan aktivitas perusahaan yang sangat strategis dalam memastikan keberlanjutan perusahaan. Oleh karenanya ajang apresiasi terhadap program tersebut sangatlah penting untuk dilakukan. Apresiasi baik program Penghargaan ICA maupun ISDA akan dilaksanakan dalam sebuah rangkaian acara yang sama. Sebagai apresiasi diberikan kepada dunia usaha termasuk lembaga mitra perusahaan yang memiliki program atau aktivitas dalam upaya pemenuhan tanggung jawab sosialnya dan kontribusi dalam pencapain Tujuan SDGs 2030.

    Ketua Komite Penilai ICA dan ISDA 2023, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS mengatakan, tujuan dari ICA dan ISDA 2023 adalah : Pertama, Mendorong Integrasi Pelaksanaan CSR berbasis SNI ISO 26000:2013 sebagai Panduan Tanggung Jawab Sosial dan SDGs di Indonesia ke dalam kegiatan operasional perusahaan. Kedua, Memberikan penghargaan / apresiasi bagi oganisasi (perusahaan/institusi) yang telah melaksanakan praktik CSR dan SDGs terbaik (Best Practice) Perusahaan. Ketiga, Memberikan rekomendasi umpan balik kepada peserta untuk menyempurnakan pengintegrasian pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial CSR dan Program SDGs Perusahaan yang berkelanjutan. Keempat, Membangun dan meningkatkan citra (image) perusahaan. Kelima, Memberikan inspirasi dan motivasi kepada organisasi (perusahaan/institusi) dalam menjalankan praktik terbaik CSR dan SDGs.

    Dalam ajang Indonesia SDGs Award (ISDA) 2023, MNC Group turut meraih penghargaan dalam The Most Committed Corporate to SDGs melalui 5 program yakni:

    1. Inisiatif/ Kegiatan dan Tindakan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting: Generasi Sehat Bebas Stunting menuju Indonesia Emas 2045
    2. Partispasi dan Kesempatan Bagi Perempuan Untuk Memimpin Perusahaan: MNC Peduli Kesetaraan Gender
    3. Perlindungan & Rehabilitasi Sosial bagi Komunitas Rentan: Bersama MNC Peduli Kesehatan untuk Indonesia
    4. Pengolahan Limbah Cair di Internal Perusahaan: MNC Center towards Zero Office Waste
    5. Konservasi Darat: Bersama MNC Peduli Hijaukan Indonesia

    Meraih penghargaan ini, Ketua MNC Peduli Syafril Nasution mengatakan, pihaknya turut bangga atas apresiasi yang diterima dari Indonesia SDGs Award (ISDA) 2023. “Penghargaan ini menjadi penyemangat kami dalam menjalankan kegiatan sosial berkelanjutan yang berdampak bagi masyarakat luas dan lingkungan sekitar agar lebih baik lagi kedepannya,” ujar Syafril Nasution.

NEWS FEED